Kamis, 04 Februari 2016

PULAU PADAR YANG BERSINAR INDAHNYA

Holaaa…
Akhirnya nulis blog lagi, padahal udah ada draftnya untuk tulisan kali ini, tapi karena alasan klasik yaitu males jadilah draftnya terbengkalai. Dengan mengumpulkan segenap semangat akhirnya melanjutkannya ehehe..
Sambil baca blog ini, bisa sambil puter lagu ini.





Lagu ini adalah lagu yang menemani perjalanan saya selama sailing 4 Hari, lagu ini selalu di putar di handphone salah satu teman saya Bang Djen. Lagu yang menggambarkan betapa kayanya Indonesia. Entah karena lagu ini atau cuma sugesti, lagu ini membuat kami semangat ketika mendaki tempat ini.

Pulau Padar Photo by Evan



Hari ketiga perjalanan sailing saya setelah postingan sebelumnya disini, kami melanjutkan perjalanan menuju destinasi selanjutnya. Yak kali ini merupakan destinasi yang saya tanyakan waktu ikut trip ini. Oh iya jadi awal mula saya ikut trip kali ini yaitu dari hasil mencari trip ke tempat yang saya idam-idamkan *aiihbahasanya* lalu saya carilah trip sailing komodo ini di forum Backpacker Indonesia, mungkin sebagian sudah ada yang tau, jadi di web tersebut kita bisa mencari trip-trip yang dibuat oleh perseorangan atau travel. Dulu “katanya” BPI itu hanya untuk ajakan share cost aja, tetapi sekarang jadi wadah jualan trip, entahlah bagaimana itu bisa berubah. Oke jadi pas saya nemu trip ini di forum BPI saya langsung tanya ke Stefi si pembuat thread apa Pulau Padar dimasukkan ke itinerary sailing Pulau Komodo, dan stefi dengan ramahnya menjawab iya dimasukkan karena itu memang destinasi wajib jika sailing ke Taman Nasional Komodo dan tanpa berpikir ada uang berapa direkening panjang saya langsung cari tiket dan join trip ini.

Pulau Padar adalah salah satu pulau yang masuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau ini makin hits karena semakin banyak trip Indonesia Timur yang memasukkan Pulau Padar dalam list destinasi sailing komodo. Dalam paket reguler sailing dari kencana adventure, Pulau Padar tidak dimasukkan dalam list destinasi yang mereka buat. Alasan kenapa tidak dimasukkan ke dalam list karena untuk menuju Pulau Padar mengharuskan menggunakan kapal warga sekitar Pulau Padar untuk diantarkan ke sana sehingga menambah biaya untuk sewa kapal. Tarif sewa kapal yang dikenakan oleh pemilik kapal sekitar 100.000 perorang, ini sudah diinformasikan sebelumnya dari pihak kencana, tinggal bagaimana kami negoisasi dengan pemilik kapal. Dan akhirnya terjadilah kesepakatan, kami dikenakan tarif sekitar 50.000 perorang *agak lupa*.


Pasir Pink Pulau Padar



Siang itu ketika matahari masih cukup hangat, kami menginjakkan kaki di Pulau Padar. Perjalanan kami dari Gili Laba menuju Pulau Padar sekitar 2-3 jam. Pantai Pink menyambut kami, itulah pertama kali saya melihat pasir pantai yang warnanya cantik ini ditambah lagi dengan bukit-bukit seperti di film Jurassic park.






Dari pantai ini kami melihat puncak Pulau Padar yang berliku dan berundak-undak. Ahh pasti bisa, dalam hati saya menyemangati diri. Pulau Padar memiliki 4 cekungan jadi di tiap sisinya memiliki pantai. 



Jalur Naik


Jalur Turun

Kami berlabuh disisi yang membuat kami memutar untuk sampai di start pendakian. Jadi kami harus memutar terlebih dahulu. Tapi jangan sedih hehe, kami malah bisa ber foto di ilalang-ilalang *asiik*


Menuju Puncak



Ini jika kita berlabuh di pantai terdekat, ada beberapa ibu-ibu sedang mencari kerang dan anak-anak yang sedang bermain. Walaupun Pulau Padar termasuk kedalam Kawasan Taman Nasional Komodo tapi di pulau ini tidak terdapat komodo, karena rantai makanan yang terputus selain itu pulau ini juga tak berpenghuni.

Baiklah kita mulai pertarungan ini!


Dilarang Buang sampah di laut!!


Tidak jauh berbeda dengan Gili Laba, kontur tanah dan kemiringan Pulau Padar sama. Mungkin jika dilihat dengan mata, Pulau ini sedikit lebih tinggi daripada Gili Laba, atau karena jalur pendakiannya yang sedikit berkelok. Sekitar 30-40 menit mendaki dengan beberapa kali berhenti, akhirnya kami sampai, HOREEE!!

Ini belum sampai puncaknya and this is view…




Yoga di Puncak Padar


Photo Clear, aman ga ada orang

Jangan Lupa Selfie xp


Ada yang curhat gitu..


Note : Sumpah deh ini bukan tulisan saya..
Salah satu tempat yang saya impikan akhirnya tercapai juga. Di sini cukup banyak batu-batu besar dan untuk mengambil photo lumayan ribet sulit, karena kami harus antri dan belum lagi banyak orang yang lewat bocor disana sini. Ahh pasrah aja deh yang penting viewnya siih yang GA ADA DUANYA DI DUNIA, *terharu*.



Beranjak dari spot pertama kami keatas, cuma beberapa langkah dari spot pertama sih, ga jauh-jauh banget . Disini kami bisa melihat view yang lebih luas dari spot pertama. Tidak banyak batu-batu yang menghalangi tapi tetap sama antri juga eheheh *demi hasil photo yang lumayan bagus*.







I Love Indonesia




Matahari mulai turun, senja kembali datang, semburat cahanya yang cantik menemani perjalanan turun kami. Padahal kami masih betah berlama-lama disini. Jika mengunjungi Pulau ini sebaiknya agak siang atau lebih pagi sehingga bisa berlama-lama disini. Kamu bisa bengong – bengong ngelamun -in mantan eh tapi jangan ngelamun yang perlu dilakukan adalah bersyukur, Tuhan menciptakan tempat seindah ini.


Sunsetnya Juara

Orang bilang tanah kita tanah surga..








Pulau Padar yang begitu mempesona, membuat setiap mata yang memandang kagum. Lukisan Tuhan yang begitu indahnya.

Note : Photo diambil dari beberapa kamera jadi hasil photo pun berbeda

12 komentar:

  1. Ide cuma di draft, males selesain tulisannya. Saya banget itu hehe
    Untung akhirnya diposting juga ya... jadi saya (yang kurang piknik ini -_-) bisa tau betapa amazing Pulau Padar.
    Keren foto-fotonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya itu penyakit males mesti dilawan ehehe.. Terima kasih mas sudah mampir :)

      Hapus
  2. Ah padar mah ngak pake di taklukin, padar cuman 5 menit jalan juga dah nyampe dari pantai nya hua hua hua. Jangan samakan padar dengan menaklukan hati #Teriris2

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya mas cuum jauh lebih sulit menaklukan hati gebetan yang punya gebetan #halah
      Makasiih mas cuum udah mampirr :)

      Hapus
  3. Mbaa keren banget! Fotonya bagus-bagus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Indonesia emang keren bangeet :). Makasih ya udah mampir :)

      Hapus
  4. Waaaauuuuwwww,,, pulau pada yang memang sangat paadaar,,, Indah sekali sampai puncaknya, ati ati kecemplung mba,,,!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. Padar memang indahnya luar biasaa.. Terima kasih sudah mampir mas :)

      Hapus
  5. ahhhh putri bikin ngiri deh ah,,, hikz hikz hikz,,, jadi pingin.
    MasyaAllah indah bangett ya hwaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya vit Indonesia Indah Bangeet.. Kangen ngetrip bareng vitaa deh

      Hapus
  6. pemandangannya bagus banget ya alloh :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Alhamdulillah tinggal di Indonesia :)

      Hapus