Kamis, 23 Juni 2016

LIBURAN SINGKAT DAN DEKAT? SENTUL BISA JADI PILIHAN

Teman main merangkap teman sd dan teman rumah saya yang tidak lain dan tidak bukan adalah teman rusuh yang ngangenin mengeluh :
“Butuh piknik nih”…
Kemudian yang lainpun mengiyakan, iya nih stresslah, mumet, dimarahin boss sampai alasan pengen kabur dari rumah , eh yang terakhir gak ada deng itu pikiran saya saja yang ngawur. Jadi setelah berkeluh kesah berjamaah kami memutuskan untuk piknik. Nah persoalan selanjutnya, kemanakan kita akan pergi? Dengan memilah dan memilih diantara beberapa pilihan, akhirnya yang jadi pilihan adalah Sentul Bogor. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari tangerang tempat kami tinggal, Sentul menjadi pilihan tepat untuk PIKNIK, ASYEEKK!!
Sentul ternyata memiliki beberapa tempat Pilihan untuk Liburan atau piknik, Berikut Beberapa Pilihan tempat yang bisa dikunjungi di Sentul :
  1.  Jungleland
  8. Pemandian Air Panas Gunung Pancar
  9.  Science Garden
  10. Taman Budaya Sentul City

Kami memilih Gunung Pancar dan Curug Bidadari sebagai tempat piknik ,tadinya kami ingin keCurug  Leuwi Hejo tetapi karena kendala tempat yang kami tidak ketahui dan sedikit menyasar maka kami jadinya ke Curug Bidadari.
Pukul 8 pagi kami telah sampai di tempat pertama yaitu Gunung Pancar. Akses menuju kesana sudah cukup bagus dan tidak terlalu sulit untuk sampai kesana.
Gunung Pancar adalah sebuah gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih 800 meter diatas permukaan laut yang terletaj di kecamatan citeureup kabupaten bogor. Apabila ingin mengunjungi tempat ini dapat melewati tol dan keluar tol sentul selatan kemudia terus saja mengikuti jalan Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah. Kondisi jalan beraspal dan cukup baik dengan jarak ± 13km dan waktu tempuh 20 menit. Tempat wisata Gunung Pancar

Udara pagi itu masih sejuk dan asri, hutan pinus menyambut kami dengan hangatnya. Pohon- pohon menjulang tinggi tampak dengan gagahnya.Tempat parkir juga cukup luas. Karena semalam sebelum kami datang disini turun hujan, maka jalanannya sedikit becek karena masih tanah merah.

Pohon Pinus yang menjulang tinggi

Mikirin Apa sih Mbak?

Disini juga terdapat tenda kemah yang dapat disewakan jika ingin berkemah.

Numpang Photo

Kami tidak terlalu lama disini, sebenarnya di kawasan Gunung Pancar terdapat pemandian air panas, tapi kami tidak membawa baju ganti untuk mandi dan memang sebelumnya kami sudah searching kalau tempat pemandiannya tidak terlalu besar jadi kami kurang berminat untuk mandi disana.

Curug Bidadari

Pergi ke tempat ini yaitu hasil googling dadakan saat kami meningglkan gunung pancar. Sebelumnya saya sudah menuliskan bahwa tujuan awal kami ke curug leuwi hejo, tapi karena kendala arah dan petunjuk yang cukup sulit menuju tempat itu jadi kami putuskan untuk ke curug bidadari. Menuju curug bidadari tidak terlalu sulit yaitu keluar pintu tol sentul selatan, lalu belok kiri  terus ikuti sampai menemukan simpang jalan raya serong kiri, lalu melewati perumahan disekitar sentul dan jalan desa menuju ke curug bidadari (Curug Bidadari ) . jika dari gunung pancar, kami melewati bundaran arah ke tol, setelah putaran, ada seperti bangunan tangki, dari situ belok kiri lalu ikuti jalan menuju curug bidadari, dari situ kurang lebih 30 menit kami sampai curug bidadari.
Di curug bidadari ternyata ramai pengunjung walaupun jalan masuknya cukup sulit. Pukul 12 kami sampai ditempat ini.

Cuacanya Cerah di Curug Bidadari
Cukup Ramai Pengunjung

Tempat Bilas

Curug ini perpaduan antara alami dan buatan. Air terjun yang menjulang tinggi adalah alami yang terjadi oleh alam, aliran airnya cukup deras dan dingin, kami tidak sampai ke tempat pas jatuhnya air.

Nah satu lagi yang unik adalah pihak pengelola curug bidadari membuat kolam buatan, kola mini alternative yang ingin berenang lebih luas. Karena di curug jika ingin berenang tempatnya yang kecil dan cukup bahaya jika anak-anak berenang disitu.

Kolam Pemandian buatan

kami makan siang terlebih dahulu karena perut sudah lapar. Kami membawa bekal untuk dimakan bersama. Kami menyewa tikar untuk duduk, sepertinya memang disana semua mesti disewa, kita tidak dapat membawa tikar sendiri.

Bekal Makan Siang

Groufie..

Selfie maksa..

Cipratan air yang turun di curug dingin sekali ditambah angin yang cukup kencang membuat kami tidak berlama – lama disekitaran air terjunnya. Go Pro saya pun basah dan berembun terkena cipratan air terjun yang cukup kencang. Banyak photo yang tertutup cipratan air.

Add caption

Jadi dua tempat diatas bisa jadi referensi jika ingin liburan singkat dan dekat di sekitaran Jakarta. Selamat Liburan.