Kamis, 10 November 2016

TOURING KE COBAN RONDO BATU MALANG

Pagi itu saya dan tiga teman saya telah menyusun rencana akan mengexplore Batu Malang. Batu memiliki sekian banyak tempat wisata yang memiliki daya tarik masing – masing, diantaranya :

1.       Jatim Park 1
2.       Jatim Park 2
3.       Museum Angkut
4.       Eco Green Park
5.       Batu Night Spectacular (BNS)
6.       Paralayang dan Rumah Pohon
7.       Kusuma Agrowisata
8.       Alun-alun Batu
9.       Wisata Air terjun Coban Rais dan Coban Rondo
1.       Kaliwatu Rafting

Dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata lain di BAtu malang yang menarik, (Sumber : 10 tempat wisata di malang)
Dari sekian banyak tempat wisata diatas beberapa sudah saya kunjungi, nah kali ini saya ingin menceritakan saat ke Wisata air terjun coban rondo. Saya berempat dengan teman saya lainnya touring mengendarai sepeda motor ke Coban rondo. Sebenarnya jarak anatara penginapan dengan coban rondo tidak terlalu jauh, saya hanya menamakan touring karena kami konvoi 2 motor menuju coban rondo. Jangan terlalu berpikir kalau touring itu dengan jarak yang jauh seperti Jakarta ke Puncak hehe. Kami menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit dengan jalan yang menanjak seperti ke puncak tapi kami ditemani dengan pohon-pohon yang tinggi yang memuat perjalanan ke coban rondo sangat menyenangkan karena udaranya sejuk, tidak panas.



Didalam Kawasan Wisata Alam Coban Rondo ternyata memeiliki beberapa pilihan tempat lagi yang bisa kita kunjungi. Ohiya untuk informasi, harga tiket masuk coban rondo, untuk hari senin sampai jumat yatiu Rp. 10.000 dan untuk weekend sabtu minggu sebesar Rp. 12.000. Nah untuk tempat-tempat yang bisa kita kunjungi di coban rondo yaitu :

·         Wahana Labirin dengan harga tiket Rp. 7.500
·         Wisata alam Treewalk dengan harga tiket Rp. 40.000
·         Flying Fox dengan harga tiket Rp. 30.000
·         Api unggun dengan harga tiket Rp. 200.000
·         Kereta Kelinci dengan harga tiket Rp. 5.000
·         Shooting target dengan harga tiket Rp. 15.000
·         Bersepeda Gunung dengan harga tiket Rp. 5.000


Pertama kali yang saya kunjungi adalah tidak lain dan tidak bukan adalah Air terjun Coban Rondo itu sendiri. Air terjun Coban rondo terletak di 1.135 meter diatas permukaan laut dengan tinggi 84 meter dan debit air antara 90 liter perdetik pada musim kemarau dan 150 liter perdetik pada musim hujan *ngebayangin, kalau dijakarta udah kelelep kayaknya (sumber :  Wikipedia)
Saya kira kami telah berangkat pagi tempat wisata ini masih sepi, ternyata saya (bener) salaah. Tempat ini sudah ramai dikunjungi para pelancong yang ingin berlibur, mulai dari anak-anak sampai orang tua yang membawa sanak saudara mereka. Mulai dari motor, mobil bak terbuka, bus sampai mobil mewah semua telah memadati parkiran kawasan air terjun coban rondo. Meski ramai, tapi kami masih bisa menikmati keindahan air terjun coban rondo dengan segala pesonanya. Sebagian besar remaja berada dibawah air terjun merasakan air yang mengalir dari atas, saya hanya berada dipinggir untuk berphoto dan menikmati sekeliling bukit disekitar air terjun.












Kami tidak berlama-lama di air terjun coban rondo, karena semakin lama semakin banyak yang mengunjungi air terjun ini, semakin padat, jadi kami memberika kesempatan yang lain untuk menikmatinya #alasan .  disekitar air terjun ini banyak yang menjual makanan jika kalian lapar, dan ada beberapa toko yang menjual oleh-oleh.
Tempat selanjutnya yang kami kunjungi yang masih dalam kawasan wisata air terjun coban rondo adalah Taman Labirin. Tempat yang cukup “instagramable” ini unik. Dari namanya kita sudah mengetahui, labirin yang kita ketahui adalah seperti mencari jalan keluar, yang rumit dan sering kali menemukan jalan yang salah atau buntu, nah taman labirin ini juga seperti itu, kita harus menemukan jalan untuk samapai tengah atau pusat dari taman labirin itu. Jalan-jalan yang berada ditengah labirin ini dibatasi oleh pohon yang cukup tinggi dan tebal, agar sulit melihat bayangan orang yang berjalan disebelah. Pertama kali kami masuk kami sudah salah jalan yang harusnya dimulai ke kiri kami malah ke kakanan (upps malah ngasih petunjuk). Tapi setelah itu kalian akan menemukan banyak jalan bercabang yang akan membuat kalian bingung memilih (jodoh) jalan yang mana hehe.. tak perlu waktu lama untuk sampai di tengan labirin, 5 – 10 menit tergantung selama kalian mencari jalan, kalian akan photo-photo atau tidak, kalian akan bertemu dengan air mancur di tengah labirin. Yeah Mission completed akhirnya berhasil menemukan titik tengah labirin.








Review Penginapan di Batu Malang

Sekilas saya mau review mengenai penginapan di Batu Malang. Penginapan yang bernama Rumah Kayu Sumberrejo Kayu (lhttp://www.booking.com/hotel/id/rumah-kayu-sumberrejo.id.html). Di link sudah dijelaskan letak dari penginapannya, saya akan mereview suasana dan keadaan penginapannya saja. Terdiri dari 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi penginapan ini bisa menampung sampai dengan 10 orang. Penginapan ini menyediakan kasur tambahan jika penginap melebihi kapasitas kamar tidur yang ada. Kasur tambahan bisa di gelar di depan tv yang cukup luas untuk menampung 2 atau 3 kasur ukuran sedang. Dengan harga permalam (saat saya menginap) sebesar 300.000 saya kira ini sangat ekonomis bagi kalian yang memiliki keuangan terbatas atau membawa banyak teman saat liburan.
Berdinding kayu ditambah suasana Batu yang (sangat) cukup dingin, membuat suasana malam di penginapan ini dingin bangeet. Jadi jangan lupa membawa baju hangat atau selimut untuk menghangatkan badan. Disini disediakan kompor untuk sekedar memeasak air atau membuat mie instan dan water heater karena air disini beuuh dingiin banget, kayaknya kalau tidak ada water heater kalian tidak akan mandi, Dijamin!. Berikut beberapa photo dari Penginapan Rumah Kayu Sumberrejo.











Pagi hari di penginapan, jangan ditanya viewnya. View Gunung Sindoro/ Sumbing (saya agak lupa) menyambut pagi kami di Batu. Secangkir kopi dan view yang indah membuka hari itu semakin indah apalagi buat liburan saat itu. Jadi saya rasa penginapan Rumah Kayu Sumberrejo ini sangat recommended bagi kalian yang ingin liburan di Batu Malang.

3 komentar:

  1. ebuset ramenya di air terjun. sekali ke bati tp cuma di coban talun wkwk

    BalasHapus
  2. pengen banget ke malang, info dong kak hotel dibawah 200K hehe..hostel atau apalah yang disana..

    BalasHapus
  3. keren bgt tempatnya. emg kalo wisata alam gaada duanya lah. main kesolo mbak nnti ke tawang mangu trus ke gerojogan sewu . disitu air terjunnya jg bagus.

    mampir kesini jg ya Pariwisata seru siapa tau butuh info wisata utk next destinasi

    BalasHapus